Troubleshooting Linux



Linux legendaris untuk stabilitas - sekali ditetapkan dengan benar, kotak Linux, dibiarkan sendiri, akan berjalan bebas masalah untuk waktu yang sangat lama Kebanyakan masalah yang timbul segera setelah instalasi atau perubahan konfigurasi utama, dan hasil misconfiguration, kesalahan ketik atau kegagalan hardware sesekali.
namun, dari waktu ke waktu kecelakaan yang terjadi, bahkan di lingkungan terbaik diatur. . . . .
A Linux Troubleshooting Toolkit
Cara terbaik untuk meminimalkan dampak dari kejadian yang tak terduga adalah prepate bagi mereka, dengan perakitan alat-alat pemulihan di muka
Tom's Root Boot Disk
Sebuah bagian penting dari tas setiap profesional Linux trik, ini kecil (menurut standar sekarang) paket membongkar untuk membuat disk 1,722 MB floppy yang merupakan distribusi Linux yang lengkap dengan pilihan alat pemulihan - sampai Anda melihat bagaimana hal ini dilakukan Anda akan menemukan sulit untuk percaya sebuah disket tunggal dapat berisi begitu banyak!
. Sebuah versi alternatif datang di El Torito (CD-ROM bootable) format. You can download tomsrtbt from http://www.toms.net/rb/ Anda dapat men-download tomsrtbt dari http://www.toms.net/rb/
Knoppix
Ini adalah distribusi Linux yang populer, berbasis pada Debian, yang sepatu bot dan berjalan sepenuhnya dari CD-ROM. Meskipun populer untuk demonstrasi, atau karena membiarkan pengguna yang tertarik mendapatkan rasa Linux tanpa harus menginstal distribusi pada hard drive, juga sangat berguna sebagai alat perbaikan sistem. Anda dapat men-download Knoppix dari http://www.knopper.net/knoppix/index-en.html (baca catatan pada paten perangkat lunak, kemudian klik pada link KNOPPIX - masih ada).
mkbootdisk mkbootdisk
. Kebanyakan distribusi Linux memiliki perintah untuk membangun sebuah floppy disk bootable yang dapat digunakan untuk memperbaiki sistem. Red Hat Linux, misalnya, memiliki perintah mkbootdisk. Untuk menggunakan ini, Anda hanya perlu mengetahui versi kernel yang diinginkan untuk menulis ke disket, dan Anda dapat menemukan versi kernel saat ini dengan perintah uname-r:
mkbootdisk 2.4.20-8 mkbootdisk 2.4.20-8

or atau
mkbootdisk `uname -r` mkbootdisk `uname-r`

Secara umum, mkbootdisk dan utilitas serupa akan membaca berbagai file-file konfigurasi seperti / etc / fstab dan / boot / grub / grub.conf, untuk bekerja keluar filesystem root, kernel apapun yang diperlukan argumen baris perintah dan driver yang akan perlu diambil dari citra ramdisk dihasilkan. Satu berguna tetapi tidak-dikenal secara luas untuk mkbootdisk opsi adalah opsi - iso, yang membuat gambar CD-ROM bootable. Hal ini kemudian dapat diperbarui dengan utilitas tambahan, dll jika diperlukan.
Other Boot Disks
. Kebanyakan distribusi Linux memungkinkan Anda untuk boot dari CD instalasi pertama dalam perbaikan sistem atau 'penyelamat' mode.. Untuk Red Hat, misalnya, menggunakan CD-ROM pertama untuk boot dengan perintah 'linux rescue' akan boot sistem dan kemudian mencoba sejumlah perbaikan dasar secara otomatis. Script perbaikan akan mencoba untuk mengidentifikasi semua partisi Linux pada hard drive Anda dan mount mereka di lokasi yang benar. Pada akhir proses ini, Anda harus angin dengan sistem benar-benar berkumpul dan mount dalam / mnt / sysimage.
Red Hat Linux Profesional kemas set vintage baru-baru ini juga termasuk CD rescue rapi bukan kartu kredit berukuran, dan CD serupa itu kadang-kadang tersedia dari perusahaan yang berhubungan dengan Linux berdiri di pameran perdagangan.
Masalah:
Tidak bisa Boot?
Sistem Watch erat seperti sepatu bot, dan catat pesan kesalahan yang muncul. Jika sistem mengeluh bahwa tidak dapat me-mount filesystem root, misalnya, ini bisa untuk beberapa alasan:
• . BIOS tidak dapat menemukan boot loader. Hal ini kadang-kadang terjadi setelah Anda menginstal Linux untuk dual-boot dengan Windows, tetapi - karena khawatir untuk tidak misconfigure sistem - telah meminta menginstal program untuk menempatkan boot loader pada Linux root (atau / boot) filesystem Masalahnya adalah bahwa BIOS tidak dapat melihat di sana, kecuali Anda membuat partisi aktif. Memperbaiki yang paling sederhana adalah untuk menginstal ulang Linux dan kali ini, biarkan tempat loader LILO atau GRUB boot ke Master Boot Record - jangan khawatir, boot loader Linux secara otomatis mengatur agar Anda memilih Linux atau Windows pada saat boot. Hal ini dimungkinkan untuk melakukan memperbaiki lebih kompleks, misalnya dengan menyalin sektor Linux boot loader ke sebuah file, dan mendirikan Windows boot loader NT/2K/XP untuk rantai untuk itu - tetapi ini terlalu rumit untuk menjelaskan di sini (lihat http://www.lesbell.com.au/Home.nsf/web/Using+the+NT+Boot+Loader+to+Boot+Linux?OpenDocument di mana Anda akan menemukan sebuah artikel lagi yang menjelaskan cara menggunakan boot NT untuk boot loader Linux).
• Kernel tidak memiliki device driver untuk mengakses hard drive (misalnya drive SCSI). Perbaiki ini dengan menggunakan script mkinitrd untuk membangun sebuah file initrd baru yang berisi driver yang benar, atau recompile kernel untuk menyertakan kode driver. Hal ini biasanya terjadi karena Anda telah membangun sebuah kernel baru dan sedikit mengacaukan konfigurasi.
• Kernel tidak memiliki driver filesystem untuk mengakses partisi root. Sebagai contoh, jika filesystem root diformat dengan ext3, maka Anda akan membutuhkan modul ext3 dan jbd di initrd atau dikompilasi ke kernel. Sebagai untuk memperbaiki masalah sebelumnya.. Sekali lagi, hal ini biasanya terjadi setelah membangun kernel baru.
• Tabel partisi telah dimodifikasi, misalnya, oleh instalasi sistem operasi lain. Dalam hal ini, edit baris perintah kernel (di / ec / lilo.conf atau / boot / grub / menu.lst) dan isi / / fstab dll untuk berisi entri yang benar.
• Filesystem rusak, karena listrik atau sistem crash. Umumnya, setelah sistem crash atau pemadaman listrik (apa ada UPS??), Sistem akan datang dan memperbaiki sendiri. Jika Anda menggunakan filesystem journaling seperti Ext3FS, jfs, xfs atau resiserfs, biasanya akan melakukan pemulihan roll-maju dari jurnalnya file dan melanjutkan. Bahkan dengan ext2fs tua, sistem biasanya menjalankan fsck (file sistem centang) pada berbagai macam file sistem dan perbaikan secara otomatis. Namun, intervensi hanya kadang-kadang manual diperlukan -, Anda mungkin harus menjawab 'Y' untuk serangkaian pertanyaan (menjawab 'N' akan membawa Anda ke mana-mana kecuali jika Anda benar-benar berniat untuk melakukan perbaikan tingkat rendah diri dalam upaya terakhir untuk menghindari kehilangan data). In the worst case, you might have to reboot from rescue media and manuall run the e2fsck (or similar) command against each filesystem in turn. Dalam kasus terburuk, Anda mungkin harus reboot dari media penyelamatan dan manuall menjalankan e2fsck (atau serupa) perintah terhadap setiap filesystem pada gilirannya. For example: Sebagai contoh:
e2fsck -p /dev/hda7 e2fsck-p / dev/hda7

Jika program mengeluh bahwa superblok - blok master yang link ke hal lain - rusak, akan sangat berguna untuk mengingat bahwa superblok itu sangat penting bahwa setiap diduplikasi 8192 blok melalui filesystem dan Anda dapat memberitahu e2fsck untuk menggunakan salah satu para backup:
e2fsck -b 8193 /dev/hda7 e2fsck-b 8193 / dev/hda7
• Satu atau lebih filesystem tidak dapat ditemukan dan mount: Periksa isi dari / etc / fstab - dalam membuat perubahan cepat di sini, kesalahan ketik yang umum.Anda dapat menggunakan perintah e2label untuk melihat label dari setiap filesystem: beberapa distribusi ini untuk mengatur titik mount sehingga Anda dapat mencari tahu apa yang apa.
. Dalam setiap kasus, Anda perlu boot dari beberapa jenis media penyelamatan, kemudian bekerja di baris perintah untuk memperbaiki kerusakan. I Jika anda boot dari tomsrtbt atau Knoppix, Anda akan memiliki editor dan utilitas lain yang tersediaJika anda boot dari CD instalasi Red Hat dalam mode penyelamatan, Anda perlu mengubah direktori root sehingga berbagai sistem direktori dan filesystem berada di lokasi yang benar:
chroot /mnt/sysimage chroot / mnt / sysimage

. Lihat kotak "The chroot Command" untuk rincian mengapa dan bagaimana ini bekerja.


kualemcatatan: blog saya ini bebas di copy-paste. silakan tinggalkan komentar atau di backlink juga boleh...

rio farizka. Diberdayakan oleh Blogger.

 
Theme by rio farizka | Ngawi
Back to Top